Kamis, 26 Mei 2016

Pantangan Makanan Penderita Fistula Ani

Pantangan Makanan Penderita Fistula Ani,- Fistula ani merupakan jenis penyakit akibat infeksi pada ujung usus atau pada sekitar anus. Penderita fistula ani biasanya merasakan sakit pada saat BAB, bahkan sampai mengeluarkan cairan kuning, nanah, dan darah. Bukan hanya orang dewasa yang bisa menjadi penderita fistula ani, banyak anak-anak yang menerita penyakit ini. Fistula ani pada anak-anak biasanya terjadi karena cacat bawaan, dan hal ini dominan terjadi pada anak laki-laki. Sedangkan untuk orang dewasa, belum diketahui secara pasti apa penyebab penyakit ini. Tapi, kebanyakan fistula ani dirasakan oleh orang-orang penderita :

  • Penyakit Cronh
  • Tuberkulonis  
  • Hemoroid
  • Kanker atau cedera anus maupun rekturm
  • Dan Lordosis yang berlebihan
Penderita fistula ani sering kali merasa gelisah, bahkan merasa serba salah. Cara pengobatannya hanya dengan melakukan operasi pembedahan namun harus dilakukan beberapa kali, mendengar hal itu penderita pasti merasa sock. Nah, untuk penderita Fistula ani sebaiknya menjaga pola makan dengan memperhatikan makanan apa saja yang tidak boleh di makan. Berikut ini beberapa makanan yang tidak boleh di makan oleh penderita Fistula ani :



 
  •  Makanan asam dan pedas, seperti buah-buahan yang asam, rujak, sambal, dan cuka. 
  • Makanan yang melemahkan Klep kerongkongan bawah sehingga caioran menjadi naik, seperti alkohol.
  • Makanan yang banyak mengandung lemak, seperti gorengan.
  • Minuman yang bisa merangsang keluarnya asam fistula, seperti kopi, sitrun, dan sari buah yang banyak mengandung kimia.
  • Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas, seperti minuman bersoda. 
 
Berat ringannya penyakit fistula ani ini tergantung pada penderita yang bisa menjaga pola makan atau tidak. Prinsipnya adalah siapa yang merasakan siapa yang mengobati. bagi penderita Fistula ani sebaiknya hindari makanan-makanan diatas, ada makanan yang dianjurkan untuk di konsumsi diantaranya: pisang, biji-bijian, dan sayuran hijau.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, Salam sehat !

By : yuliantiherbal.blogspot.co.id/

Pantangan Makanan Penderita Fistula Ani

5 komentar:

  1. Anak saya juga bulan 12 2020 kemaren kena fistula juga. Datang ke puskesmas di kasih obat gak mempan terus di rujuk ke rumah sakit citra Husada dan di periksa trnya kata dokter anak saya kena fistula ani dan harus oprasi.
    Setelah di jelaskan mengenai oprasi nya bagaimana dan perawatan nya bagaimana saya juga takut dengar nya.
    Kasihan anak saya kalau harus oprasi, apa lagi kata dokter nya gak bisa jamin 1x oprasi bisa sembuh.
    Jadi anak saya pun takut dan gak mau operasi.
    Nah saya pun di kasih resep obats dokter bedah obat anak saya.

    Setelah di kasih resep obat saya pergi lah ke apotek Indra Farma yang di depan terminal itu.
    Nah di situ ketemu teman cerita lah saya di situ.
    Lagi asik cerita eh ada dokter yang lagi duduk di situ dengar pembicaraan saya dengan teman saya, lalu beliau pun tanya ke saya tentang anak saya, beliu pun menjelaskan masalah penyakit anak saya. Katanya memang fistula selama ini jalan kesembuhan nya hanya dengan oprasi saja tapi bukan br arti fistula ani gak bisa sembuh tanpa harus oprasi.
    Kata beliau kalau fistula belum begitu parah dan bisa jaga makanan nya beliau jamin bisa sembuh tanpa harus oprasi dan di jamin bisa makan bebas lagi.
    Nah beliau minta resep obat yang dari rumah sakit itu.
    Waktu di lihat beliu bilang kalau resep nya ini belum lengkap.
    Lalu beliau menawarkan resep obat yang lebih bagus lagi,tapi lebih mahal.
    Saya bilang gak apa apa dok, yang penting anak saya jangan sampai oprasi.
    Nah singkat nya setelah 2 bulan minum obat resep dari beliau itu anak saya pun sembuh.
    Sekarang bisa makan cabe ,mie, kepiting,dll.kata anak gak sakit lagi yah.
    Nah begitu lah kisah anak saya itu bisa sembuh dari fistula tanpa operasi.

    Dokter tr sebut jarang ada di tempat/apotek itu waktu saya tebus obat ke 2,3 kali nya.
    Akhirnya saya minta nomor Hp dokter tersebut ke apoteker ny.
    Nah di resep obat ke 4 saya minta ketemu dengan beliau di apotek, karena saya wa beliau.
    Setelah habis obat ke 4 beliau bilang mau ke rumah saya mau cek kondisi fistula anak saya.
    Setelah di cek beliau bilang ini sudah bisa makan pedas, kepiting dll...
    Bisa di coba pelan pelan.
    Nah buat temen-teman yang mau sembuh juga coba datang ke apotek Indra Farma.
    Dokter nya jarang ada di tempat.
    Tapi apotekernya ada selalu di situ.

    BalasHapus